Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali

Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali - Hallo sahabat Wisataindonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jalan-jalan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali
link : Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali

Baca juga

Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali

Pulau Dewata memang menjadi magnet yang akan selalu dikunjungi oleh traveler. Pesona alamnya yang amazing, budayanya yang kental, dan juga masyarakatnya yang bersahaja menjadi daya tarik yang ga bisa ditahan bagi dia yang uda sakaw mau jalan-jalan. Gue sendiri termasuk orang yang sakaw banget mau traveling ke Bali, tapi bukan di Pulau Balinya, justru di pulau yang masih agak terlupakan oleh para wisatawan. Berada di tenggara Bali, digadang-gadang sebagai "The Golden Egg" nya Bali, pulau yang masih sangat sepi tetapi memiliki potensi alam yang luar biasa, yap traveling gue kali ini yaitu menuju Nusa Penida cuy!

Perjalanan ini didasari karena adanya promo gila-gilaan dari Air Asia. Temen gue si Jati yang ude ngebolang mulu ama gue nawarin tiket murah banget ke Bali, cuma 475 PP cyin! Yauda gausah pikir panjang, gue langsung deal dan doi juga deal, jadi deh kita berdua aja yang berangkat. Kita beli tiket tanggal 26 Juni eh berangkatnya 15 Agustus, tapi gapapa, kan sebelumnya gue nafas dulu buat jalan-jalan ke Rinjani , dan sekarang baru ngebolangnya. Dari dulu gue emang mau banget ke Nusa Penida. Alasannya cuma satu yaitu menikmati sisi Bali yang antimainstream, ditambah gue ama Jati ga ada tuh sodara baik di Bali maupun Nusa Penida, fix menantang dan gembel ini mah.

Kita berangkat dari terminal 2F Soetta karena Air Asia udah pindah dari terminal 3 yang lama. Pesawat kita jam 10 malem, eh kite uda sampe jam 7, maklum lah namanya juga rumah jauh. Pesawat kita agak delay, ya cuma 10 menit si, ga delay ye namanya. Singkatnya jam 1 dini hari kita tiba di Bali, dan istirahat di hotel bandara, ngemper aja kita tidur di bangku-bangku deket pintu kedatangan domestik.

Hari 1 - Pasih Uug, Angels Billabong, Pasih Andus, dan Pantai Kelingking

Pagi hari yang kelabu di Bali, maksudnya semalem itu hujan, makanya jadi agak-agak mendung gitu deh. Rencana kita hari ini langsung menuju Nusa Penida. Untuk menuju Nusa Penida, kita menggunakan fast boat dari Pantai Sanur. Dari bandara menuju Pantai Sanur, kita menggunakan Uber Car, mumpung masih ada promo free ride cyiin jadi cuma bayar 0 rupiah atau gratisss. Oh ya letak dermaga ini ada di Pantai Sanur yang di jalan Hang Tuah ya atau biasa dibilang Bali Beat.

Sesampainya di Dermaga Sanur yang cukup ramai, kami mulai mencari-cari boat yang harganya cocok. Dari sekian banyak, yang paling murah cuma 100rebu cuy soalnya kita berdua dianggap turis domestik. Jadi ada klasifikasi tarif yaitu tarif lokal khusus warga Penida atau Bali (yang penting fasih bahasa Bali) itu harganya 75ribu, lalu domestik yaitu kaya kita berdua harganya 100rebu, dan bule kayanya 200rebuan lebih deh. Kita menggunakan boat Dwi Manunggal karena setelah survey harga di tkp, operator ini yang paling murah dan berangkat awal-awal, yaitu jam 8 pagi. Tepat jam 8 pagi, fast boat pun jalan.

Dernaga Sanur

Tiket fast boat nya

Perjalanan sangat cepat, sekitar 40 menit saja kamipun tiba di Dermaga Banjar yang deket Toyapakeh. Tiba di sana, kami langsung disambut sama bapak-bapak perawakan udah tua lalu agak serem gitu, doi nanyain kita mau ngapain aja di Penida, kami jawab aja mau jalan-jalan, lalu doi nanyain mau menginap, kita bilang iya, eh doi langsung nawarin penginapan murah banget, hanya 100ribu per malemnya, yaudah kita deal soalnya setau gue agak jarang penginapan di Nusa Penida sekitar 100ribuan. Bapak ini namanya bapak Rohani, doi orang islam dan tinggal di perkampungan islam yang ada di Toyapakeh, meskipun perawakan galak, ternyata doi baik banget! Dari pelabuhan menuju penginapannya, kita dianterin pake mobil, gratis. Penginapannya pun seperti kos-kosan, dekat banget dari pasar dan ATM BRI Toyapakeh. Setelah sampai di penginapan, kami diberi juga motor sewaan seharga 75ribu bensin sudah full untuk jalan-jalan selama di Nusa Penida.

Penginapan layaknya kos-kosan

Kondisi kasur

Kondisi kamar mandi

Tepat jam 11 siang gue ama Jati memulai jalan-jalan di Nusa Penida. Nusa Penida itu ga gede, tapi spot asiknya itu tersebar di mana-mana. Kalau kata Pak Rohani, spot itu ada di wilayah barat, timur, dan selatan.

Kalo di barat ada spot
Pasih Uug, Angels Billabong, Crystal Bay

lalu di bagian selatan ada
Batu Kelingking, Seganing Waterfall, Guyangan

lalu dibagian timur ada
Atuh Beach, Suwehan Beach, Pulau Seribu.

Kurang lebih seperti itu informasi dari Pak Rohani, di hari pertama ini kami direkomendasikan untuk ke spot yang ada di barat dan selatan soalnya dekat dari Toyapakeh. Saatnya cuss mambre!

Tujuan pertama kami yaitu ke Pasih Uug, jaraknya cukup dekat dari penginapan kami. Jaraknya emang ga begitu jauh, tapi jalurnya itu mamen, sedep! Untuk menuju Pasih Uug ini memang ga ada petunjuk khusus, kamu tanya-tanya orang saja, kami waktu itu juga begitu dan gue pun agak lupa kalo ngejelasin jalurnya di blog ini, jadi better sering-sering tanya ya soalnya penduduk Nusa Penida itu ramah banget! Jalanan yang ancuk banget, motor uda sampe geter-geter, dominasi kalau jalur ke arah barat itu aspal yang sudah mulai hancur, jadi cukup licin dan juga lobangnya itu yang asoy geboy. Setelah 1 jam perjalanan dari penginapan, kamipun tiba di Pasih Uug.

Jalur menuju Pasih Uug

Kondisi jalan menuju Pasih Uug, berbatu
Kita parkir di depan Pasih Uugnya langsung, jadi ke Pasih Uugnya itu ngesot juga bisa. Pasih Uug itu pantai yang cukup unik, pantai berlubang yang cukup dalam dan ada karang bolongnya, kalo bule si nyebutnya Broken Beach. Oh ya kita cuma bisa menikmati Pasih Uug itu dari atas aja ya, ga ada akses buat turun ke bawah pantainya.

Pasih Uug!

Percayalah, ini tjakep

Puas menikmati Pasih Uug, kami melanjutkan ke spot kedua yaitu Angels Billabong yang terkenal banget di Nusa Penida. Jarak dari Pasih Uug ke Angels Billabong cukup dengan jalan kaki selama +- 5 menit saja. Oh ya saat kamu sudah dekat dengan Angels Billabong, hati-hati karena jalur sudah mulai karang-karang yang cukup tajam. Setibanya kamu di Angels Billabong, rasakan sensasi natural infinity pool yang disediakan langsung oleh alam, luar biasa pemandangannya!

Langsung menghadap kelautan
Jernih banget airnya!

Saat itu kondisi kolam alami ini sangat sepi, cuma gue ama jableh, dua orang pemuda asli Penida, dan dua orang warga Jerman. Waktu itu sebetulnya kondisi kolam alami ini lagi tenang, tapi tidak buat ombaknya. Kadang-kadang ombak sering dateng mendadak, mending kalo ombaknya cuma secuil, wong bisa langsung ngelahap itu kolam. Ditambah kata dua pemuda asli Penida yang bareng kita, sekitar satu bulan lalu ada wisatawan yang lagi berenang di Angles Billabong, eh tiba-tiba keseret ombak gede banget, yauda sampai sekarang katanya jasadnya ga ditemuin tuh. Kalau kalian bener-bener mau berenang, lebih baik berenang ga deket-deket ujung kolam ini ya, itu kalau kalian masih sayang sama nyawa.

Setelah puas menikmati keindahan Angels Billabong, kami bergegas menuju spot selanjutnya. Sebetulnya kami agak bingung setelah dari Angels Billabong mau kemana, eh tiba-tiba Pak Rohani pemilik penginepan kami ada di Pasih Uug, ternyata doi juga guide lokal bray! Kata dia, mumpung masih di wilayah Pasih Uug, baiknya kita ke Pasih Andus dulu, kata doi keren soalnya semburan dari ombaknya itu kaya semburan naga, hmmm bau kali ya? Kaga tau dah karena penasaran saatnya cekidot menuju Pasih Andus itu.

Lokasi Pasih Andus itu deket sekali dari Pasih Uug. Dari pertigaan Pasih Uug, kalian belok kiri, sangat jelas kok petunjuknya. Untuk jalurnya sendiri cukup ekstrim tapi ga seekstrim ke Pasih Uug dari Toyapakeh. Kami menempuh selama 15 menit dari Pasih Uug ke Pasih Andus dengan motor. Setelah sampai, kami parkir, lalu turun sedikit ke ujung pantai. Byuuuuur! begitulah semburan Pasih Andus layaknya kita disemprot sama lumba-lumba saat atraksi.

Byuuur

Meskipun deket, ga akan kebasahan kalo ga kena airnya
Setelah puas menikmati keindahan Pasih Andus dengan endusan ombaknya, lagi-lagi kami bingung mau kemana. Maklum bray namanya juga traveling ngedadak ga selancaran dulu di dunia maya, alhasil kita nanya ama guide lokal, dan kita ditanya apakah kita sudah ke pantai kelingking, kita jawab belum, dan dia langsung mewajibkan kita untuk kesana, soalnya kata dia kalo kita ga kesana itu belum ke Nusa Penida, weh cascus lah jangkrik!

Perjalanan dari Pasih Andus ke Pantai Kelingking jauhnya lumayan bre! Ditambah jalurnya yang aduhai lihay bener dah. Oh ya lokasi Pantai Kelingking itu ada di Desa Bunga Mekar, ga ada petunjuk khusus lho jadi banyak-banyak nanya aja sama warga lokal ya, atau pakai maps karena perjalanan ke Pantai Kelingking itu sinyalnya lumayan bagus. Perjalanan selama 40 menit dari Pasih Andus, kita pun sampai di Pantai Kelingking. Ga ada yang spesial si kalo kamu ngeliatnya dari atas, kamu harus turun sedikit ke arah pura, baru deh lihat panorama batu gede banget yang kayak kelingking, malah menurut gue kaya kecebong yang asli keren sekeren-kerennya batu!

Sett cakep bener dah!

Berasa gak di Bali lho
Kalau kalian mau ke pantai bawah yang keliatan dari spot foto-foto, bisa, tapi jalurnya cukup ekstrim euy. Setelah foto-foto dan puas menikmati indahnya Pantai Kelingking, saatnya kita pulang. Eh pas mau pulang, ada aja cobaan, ban kempes coy! Mana kata orang sana tukang tambal ban cukup jauh. Gue dorong aja dah tu motor, sampe capek banget. Eh delalahnya, ada mas-mas yang mau bantuin kita buat nelponin tukang tambal bannya itu, lucky for us! Setelah nambel ban, kita kembali lagi menuju penginapan di Toyapakeh untuk istirahat dan pastinya untuk jalan-jalan lagi di hari esoknya.

Hari 2 - Pantai Atuh, Pantai Suwehan, dan Bukit Teletubbies

Pagi hari yang sangat cerah di Penida, rencana kita berdua hari ini mau ke spot yang jaraknya cukup jauh dari Toyapakeh, yaitu berada di dekat daerah Tanglad atau di timurnya Toyapakeh. Hari ini kita nambah personil lagi, dua cewek dari Surabaya yaitu mba Meimei dan mba Didi yang sama-sama mau ngebolang. Setelah bersih-bersih dan sarapan, sekitar jam 7 pagi kami baru mulai jalan menuju spot pertama kita yaitu ke Atuh Beach.

Pantai Atuh berada di Desa Pejukutan, kita melewati jalur utara dan timur Penida yang pastinya kita melewati pusat Penida di mana ada pom bensin dan berbagai macam fasilitas perkotaan. Lalu yang bikin beken lagi yaitu sepanjang perjalanan kita akan selalu dipinggir laut. Jalanannya mulus banget, asli, sampai kita nemu pertigaan kalo kiri ke arah pantai atuh, lurus juga *bingungkanlo, yang sempat membuat kita cukup bingung, akhirnya kita nanya sama penduduk sekitar dan kata dia lurus saja terus sampai nanti mentok baru belok kiri, yasudah kita turuti. Singkatnya perjalanan sekitar 1 jam 10 menit dari penginepan, kita sampai di parkiran Atuh Beach.

Dari parkiran, kita jalan sedikit untuk menuju Atuh Beach. Treknya si turun terus, dan juga agak berbatu. Singkatnya jalan kaki selama 10 menit dari parkiran motor, dari kawasan rimbun berubah menjadi lapangan gersang dengan panorama landscape lautan biru, asli pemandangan di sini pecah banget bray, biar poto aja yang buktikan!

Gokil!
Kurang beken apa coba

Jadi Atuh Beach itu sebetulnya kita harus turun lagi, dan sebelum turun itu ada pemandangan keren kaya foto di atas, itu namanya kawasan Pulau Seribu *bukanJakartaye* yang katanya si cukup mirip kaya Raja Ampat. Emang cukup mirip dan asli keren banget pemandangan di sini, bikin betah lho. Nah setelah puas menikmati panorama Pulau Seribu, kamipun turun menuju Atuh Beach yang sudah terlihat sangat jelas. Untuk menuju Atuh Beach, kita akan menuruni anak tangga yang cukup curam, pas otw ke pantainya mah enak ya, pas mau balik ke parkiran, nyesss nanjak teross. Setelah menuruni anak tangga selama 5 menit, kitapun sampai di Atuh Beach yang keren banget pokoknya!

Turun pokoknya turun!
Hidup santai kaya di pantai
Mirip high heels? Cukup ya

Di Atuh Beach kalian nanti bayar 1x sebesar 5ribu perorang dengan fasilitas tempat duduk gratis, tapi kalau tempat duduk yang ada payungnya kudu bayar. Di Atuh Beach juga ada warung dengan harga yang bersahabat. Di sana, kamu bisa menikmati panorama indahnya Atuh Beach dengan batu yang terkenal di sana yang sering disebut "High Heels Stone" karena bentuknya yang cukup mirip dengan sepatu high heels, atau kalian bisa berenang juga karena ombak di pinggir pantai tidak terlalu besar, kecuali kalau kalian mendekati high heels stone itu, gatau deh bakal bisa balik lagi atau ngga.

Setelah puas menikmati indahnya Atuh Beach sambil ngopi-ngopi, Mba Meimei ngerekomendasiin ke kita untuk ke Pantai Suwehan. Sebelumnya, gue dan Jati kaga tau tu apa Pantai Suwehan, eh tapi kata Mba Meimei bagus, terus kata ibu-ibu yang dagang di warung pantai Atuh juga bagus, lalu juga cukup dekat dari sini, cuss deh! Oh ya dari parkiran menuju Atuh Beach kan turun, nah sekarang kebalikannya, naek teroosss! Gas pol jangkrik!

Sesampainya di parkiran motor, kita istirahat sejenak, capek bray! Setelah istirahat, baru deh kita melanjutkan perjalanan ke Pantai Suwehan. Lokasi Pantai Suwehan ga terlalu jauh kok dari Atuh Beach, intinya kalian banyak nanya aja sama warga sekitar soalnya ga ada petunjuknya. Perjalanan Selama setengah jam akhirnya kami tiba di parkiran Pantai Suwehan. Saat itu kondisi parkiran sangat sepi, kita manfaatin aja waktu itu buat makan siang. Eh tiba-tiba ada bule yang baru dateng, dan kata doi "the track is so hard, be careful guys!" Njiiir treknye bakalan serem ni, dan emang iya, ternyata mba Meimei ga ngasih tau kalo treknya itu nurunin tebing cuy! Suee tapi gapapa demi panorama yang cantik mah hajar! Sekitar jam 12 siang kamipun langsung tancap gas menuju Pantai Suwehan.

Eh beneran lho, treknya ekstrim parah! Kita bukan nurunin bukit, tapi tebing! Jalurnya yang cukup licin, sesekali landai, tetapi dominasi berkontur tangga alami, curam, dan sesekali ada yang harus menggunakan tali karena curam banget. Di pertengahan jalan, kalian bakal nemuin sumber air tawar yang disakralkan banget sama masyarakat sekitar Pantai Suwehan. Kita boleh kok minum airnya langsung, asli seger bener bray lebih seger dari pada ngeliat doi!

Turun terus

Treknya kaya tangga alami

Sumber mata air
Tetesan airnya dari batu

Setelah melewati turunan yang curam, lalu ketemu sama mata air, maka perjalanan menuju Pantai Suwehan tinggal sedikit lagi. Sesampainya di sana, kamu bakal ngeliat garis pantai yang luasssss banget, putih pula pasirnya. Untuk menuju landmarknya Pantai Suwehan, yaitu batu yang berbentuk segitiga atau biasa anak muda Penida menyebutnya Batu Volcom karena mirip banget sama logo merk Volcom, kita perlu jalan sedikit lagi. Sesampai di landmarknya, percayalah semua rasa capek mu menurunin tebing terbayar lunas, asli ini mah private beach banget, cuma kelompok kita aja sama ada 1 keluarga di sana lho!

Ini dia teh landmark of Suwehan Beach

Tinggi bener tebingnya

Asli garis pantainya luas bener!

Kita cukup lama di pantai Suwehan, menikmati cuy soalnya emang bagus banget panorama di sini. Setelah melihat jam, eh uda sore ternyata, yaudah kita balik lagi deh ke parkiran. Menuju parkiran juga sangat melelahkan lho karena kita nanjak yang tanjakannya itu aduhai semua! Singkatnya perjalanan naik selama 1 jam, kamipun tiba kembali di parkiran. Karena kondisi yang cukup capek, akhirnya Pantai Suwehan adalah spot terakhir buat gue ama Jati di Penida karena besok kita akan pulang.

Perjalanan pulang kita melewati Tanglad. Ebuset jalanannya emang bagus si, tapi treknya menanjak curam! Kalau kalian pulang lewat Tanglad, memang kalian akan menuju titik tertingginya Penida ini, anginnya pun cukup sejuk padahal panas terik. Oh ya ada cerita unik pas kita mau pulang, sebetulnya di Tanglad ada spot wisata yang namanya Bukit Teletubbies, tapi kami gamau soalnya uda capek dan gue pun udah pernah ngeliat bukit semacem itu di Gunung Prau dan Bromo. Eh ga ada niatan, malah kita nembus kesana, yauda deh kita jadinya numpang narsis sebentar aja, abis menurut gue, bukitnya bener-bener unik, bulet bener-bener kaya di film Teletubbies lho!

Mirip? Iya kok!

Where are you, Noo-noo?
Foto di atas itu foto Bukit Teletubbies di jalan Tanglad, bukan di spotnya. Waktu itu kita ke spotnya, eh menurut kita mah bagusan di jalan dari Pantai Suwehan menuju Tanglad, lebih bagus bukitnya sama deket gitu.

Foto bukit teletubbies di spotnya

Bagusan mana sama yang pertama?hmm
Setelah puas foto-foto, maka berakhirlah sudah jalan-jalan gue di Nusa Penida. Singkatnya kami tiba di penginapan kembali sore, lalu keesokan paginya kami pulang menuju Bali lagi dengan boat yang berangkat jam setengah 8 pagi menggunakan Dwi Manunggal lagi tetapi dengan tarif 75ribu.

Ada beberapa tips dari gue buat kalian yang mau menuju Nusa Penida ini :
  1. Kalau kalian dari Ngurahrai, atau mana saja, tujuan pertama kalian adalah Pantai Sanur yang ada di jalan Hang Tuah, karena di sanalah kalian akan naik fast boat untuk ke Penida
  2. Di Bali udah ada Gojek, Gocar, Uber, Grabcar, jadi ga perlu terlalu pusing kalau pakai kendaraan umum di Bali.
  3. Untuk tarif Fast Boat, dari Sanur ke Penida kita dikenain 100ribu karena masuk ke turis domestik, sedangkan kalo dari Penida kena 75ribu. Entah kenapa tarif dibedain kalo dari Sanur antara masyarakat Bali dan Domestik (domestik itu turis dari luar Bali, keliatan dari logat kalian kalau ngomong ke mereka) tetapi kalau dari Penida, masyarakat Bali dan turis domestik sama harganya yaitu 75ribu
  4. Kalau kalian mau info tempat penginapannya Pak Rohani, ini nomor beliau 087861901447. Penginapannya cukup oke buat numpang istirahat, orangnya juga baik, tanggung jawab, ramah, dan lokasinya juga terletak di perkampungan islam. Jadi buat kamu yang muslim ga perlu khawatir buat makanan karena yang di jual di perkampungan islam 100% halal. Oh ya Pak Rohani juga nyediain motor 75ribu/harinya sudah full bensin.
  5. Wisata di Penida itu cukup terpencil dan aksesnya masih kurang bagus, kamu bisa browsing dulu di internet perihal lokasi mana yang kamu mau tuju.
  6. Kalau kamu sudah punya tujuan pasti kemana aja kamu selama di Pendia, untuk mengiter-ngiter wisata di Penida, kamu bisa pake guide, Pak Rohani juga guide lokal. Atau kalau kamu mau jalan sendiri, sering-sering nanya sama penduduk sekitar perihal lokasi wisata yang kamu mau tuju ya, karena petunjuk jalan yang sangat minim dan juga membingungkan.
  7. Karena jalan yang kurang mulus, ban kalian rawan banget bocor. Baiknya kamu catet nomor telepon tukan tambel ban di setiap jalan saat kamu mau ke lokasi tujuan kamu. Just in case aja soalnya tukang tambal ban itu jauh banget lho kalo dari lokaso wisata.
  8. Untuk bensin, banyak kok yang jual eceran dengan harga 8ribu/liter premium. Ada juga pom bensin tapi itu di jalur utara Penida menuju pusat kota.
  9. Untuk makanan, selama kamu beli di perkampungan islam yaitu di deket dermaga Toyapakeh, insya Allah halal. Harganya pun murah-murah, mulai dari 5rebu - seberapa sanggup kamu bayar untuk membeli makanan.
  10. Sinyal di Penida kurang bagus, apalagi kalau di tempat wisatanya. Paling bagus di pusat kota dan juga di deket dermaga Toyapakeh, sinyal Telkomsel, XL, dan Indosat sinyalnya cukup baik buat nelpon/sms maupun internetan.
Oke deh itu dia cerita gue jalan-jalan di Nusa Penida, asli deh kalo lo uda pernah atau malah sering ke Bali, lo wajib menjelajah pulau satu ini, dijamin ga akan nyesel! Salam lestari, salam ransel, dan salam secangkir kopi semua!

Nusa Penida,  15-16 Agustus 2016

Demikianlah Artikel Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali

Sekianlah artikel Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali dengan alamat link https://wisataindonesiaajib.blogspot.com/2016/09/backpacker-ke-nusa-penida-golden-egg-of.html

0 Response to "Backpacker ke Nusa Penida : The Golden Egg of Bali"